KOMPUTASI MODERN PADA BIDANG KIMIA


Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
         Akurasi (big, Floating point)
         Kecepatan (dalam satuan Hz)
         Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
         Modeling (NN & GA)
         Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Implementasi pada Bidang Kimia

Kimia komputasi adalah cabang kimia yang menggunakan hasil kimia teori yang diterjemahkan ke dalam program komputer untuk menghitung sifat-sifat molekul dan perubahannya maupun melakukan simulasi terhadap sistem-sistem besar (makromolekul seperti protein atau sistem banyak molekul seperti gas, cairan, padatan, dan kristal cair), dan menerapkan program tersebut pada sistem kimia nyata. Contoh sifat-sifat molekul yang dihitung antara lain struktur (yaitu letak atom-atom penyusunnya), energi dan selisih energi, muatan, momen dipol, kereaktifan, frekuensi getaran dan besaran spektroskopi lainnya. Simulasi terhadap makromolekul (seperti protein dan asam nukleat) dan sistem besar bisa mencakup kajian konformasi molekul dan perubahannya (misal proses denaturasi protein), perubahan fase, serta peramalan sifat-sifat makroskopik (seperti kalor jenis) berdasarkan perilaku di tingkat atom dan molekul. Istilah kimia komputasi kadang-kadang digunakan juga untuk bidang-bidang tumpang-tindah antara ilmu komputer dan kimia.

Jurnal Kimia menggunakan Komputasi Modern

Berikut review salah satu contoh jurnal dan tautan yang berisikan jurnal-jurnal yang menggunakan komputasi modern pada bidang kimia.

Abstraksi(Anton, a Special-Purpose Machinefor Molecular Dynamics Simulation)

Kemampuan untuk melakukan simulasi dinamika molekul dengan panjang dan akurat (MD) yang melibatkan protein dan makromolekul biologis dan kimiawi lainnya pada dasarnya dapat memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan yang paling penting dalam bidang biologi, kimia, dan obat-obatan. Berbagai fenomena menarik, namun, dapat terjadi lebih dari rentang waktu pada urutan dari perintah milidetik (beberapa dari besarnya melampaui durasi terpanjang saat ini) dalam simulasi MD.

Kami menggambarkan sebuah mesin massal paralel yang disebut Anton, yang harus mampu melaksanakan proses dengan skala milidetik dalam simulasi MD klasik sistem biomolekuler tersebut. Mesin, yang dijadwalkan selesai pada akhir 2008, didasarkan pada 512 Asics MD-spesifik identik yang berinteraksi secara ketat ditambah menggunakan  jaringan komunikasi khusus berkecepatan tinggi.

Anton telah dirancang untuk menggunakan kedua algoritma paralel novel dan tujuan khusus logikauntuk secara dramatis mempercepat perhitungan tersebut yang mendominasi waktu yang dibutuhkan untuk simulasi MD khas. Pengingat algoritma simulasi dijalankan oleh diprogram sebuah porsi setiap chip yang mencapai tingkat substansial paralelisme sambil menjaga fleksibilitas yang diperlukan untuk mengakomodasi kemajuan diantisipasi dalam model fisik dan metode simulasi.

Review(Anton, a Special-Purpose Machinefor Molecular Dynamics Simulation)
Jurnal tersebut membahas tentang masalah perhitungan dalam Dinamika Molekular dalam bidang Kimia dan obat-obatan khususnya. Permasalahan tersebut berupa reaksi kimia molekular yang dapat terjadi dalam waktu yang sangat cepat yaitu dalam rentang milidetik. Hal tersebut menyebabkan kesukaran bagi manusia dalam melakukan pengamatan dan penghitungan dengan cara konvensional yaitu dengan cara manual. Oleh karenanya permasalahan tersebut akan coba diselesaikan dengan cara mengembangkan sebuah alat komputasi Dinamika Molecular yang mampu melakukan pengamatan dan penghitungan reaksi kimia dalam skala milidetik.

Metode perhitungan Anton dalam MD mensimulasikan gerakan kumpulan atom (sistem kimia)selama periode waktu sesuai dengan hukum Waktu physics.1 waktu reaksi klasik dipecah menjadi serangkaian langkah waktu diskrit, masing-masing mewakili beberapa femtosekon waktu simulasi.Sebuah langkah waktu memiliki dua fase utama. perhitungan gaya menghitung gaya pada setiap partikel karena partikel lain dalam sistem. Integrasi menggunakan gaya total pada setiap partikel untuk memperbarui posisi itu partikel dan kecepatan.

Gaya interatomik dihitung berdasarkan bidang mekanika molekular kekuatan (atau hanya memaksa lapangan), yang model gaya pada setiap atom sebagai fungsi dari koordinat spasial semua atom.Anton menggunakan metode k-ruang Gaussian perpecahan Ewald untuk mengurangi beban kerja komputasi yang terkait dengan interaksi elektrostatik. Metode ini membagi perhitungan gaya elektrostatik menjadi dua komponen. Pertama peluruhan cepat dengan pemisahan partikel dan dihitung langsung untuk semua pasangan partikel dipisahkan oleh kurangdari radius cutoff. Kami menyebut kontribusi ini, bersama-sama dengan interaksi van der Waals, sebagai interaksi berbagai terbatas. Komponen kedua, interaksi jarak jauh, peluruhan yang lebih lambat, tetapi dapat dihitung secara efisien oleh biaya pemetaan dari partikel mesh biasa (biaya penyebaran), mengambil Fast Fourier Transform (FFT) dari biaya mesh, mengalikan dengan fungsi yang tepat dalam ruang Fourier, melakukan FFT terbalik, dan kemudian menghitung gaya pada partikel dari nilai-nilai jala yang dihasilkan (gaya interpolasi).

Fase integrasi menggunakan hasil perhitungan gayauntuk memperbarui posisi dan kecepatan atom, secara numerik mengintegrasikan satu set persamaan diferensial yang menggambarkan gerakan atom. Integrator numerik digunakan di MD bersifat trivial karena beberapa alasan. Pertama, algoritma integrasi dan cara di mana masalah numerik yang ditangani dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap akurasi. Kedua, beberapa simulasi memerlukan integrator untuk menghitung dan menyesuaikan variabel global seperti temperatur dan tekanan. Akhirnya, salah satu secara signifikan dapat mempercepat paling simulasi dengan memasukkan kendala yang menghilangkan gerakan getaran tercepat. Misalnya, kendala biasanya digunakan untuk memperbaiki panjang obligasi untuk semua atom hidrogen dan menahan molekul air yang kaku.

KOMPUTASI MODERN PADA BIDANG FISIKA

Latar belakang

Komputasi bermula karena tidak ada alat hitung yang dapat menghitung dalam jumlah besar pada zaman dahulu kala, namun seiring perkembangan zaman fungsi dari sebuah komputasi bertambah bukan hanya untuk menghitung namun juga untuk memperagakan simulasi, pemrosesan data yang banyak, membantu manusia dalam membuat keputusan dan lainnya.
Penjelasan Komputasi Modern
Karakteristik komputasi modern ada 3 macam, yaitu :
Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

Selanjutnya Menjelaskan Macam-macam Komputasi Modern. Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid dan komputasi cloud. Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut:
         Mobile Computing
Mobile Computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smartphone dan lain sebagainya.
         Grid Computing
Komputasi Grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistribusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelesaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, yaitu:
Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat;
Sistem menggunakan standart dan protocol yang terbuka;
Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang tinggi. yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayan komputasi grid.
        Cloud Computing
Komputasi Cloud merupakan gaya komputasi yang terukut dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi Cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Implementasi Komputasi Modern pada Bidang Fisika

Implementasi komputasi modern di bidang fisika ada Computational Physics yang mempelajari suatu gabungan antara Fisika, Komputer Sains dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada “Kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata” baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan algoritma yang tepat. Pemahaman fisika pada teori, eksperimen, dan komputasi haruslah sebanding, agar dihasilkan solusi numerik dan visualisasi / pemodelan yang tepat untuk memahami masalah Fisika.
Untuk melakukan pekerjaan seperti evaluasi integral, penyelesaian persamaan differensial, penyelesaian persamaan simultan, mem-plot suatu fungsi/data, membuat pengembangan suatu seri fungsi, menemukan akar persamaan dan bekerja dengan bilangan kompleks yang menjadi tujuan penerapan fisika komputasi. Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, baik MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisika komputasi.



Hai, update kali ini adalah diseputar earphone-headphone. Karena belakangan ini saya sedang tertarik dalam dunia per-earphone-an ini, maka saya buat saja artikel ini. Mungkin sudah banyak juga yang share tentang topik yang satu ini, tapi tidak apa apa, saya mau share apa yang saya pikirkan saja.
Yuk langsung saja kita masuk tips-tipsnya.

1.     Tentukan budget
Nah poin pertama ini menurut saya paling krusial dalam pembelian earphone, maupun barang lainnya. Ya coba saja anda sudah dapat earphone yang menurut anda sangat cocok dengan telinga anda, tapi begitu mau dibeli ternyata budget anda tidak mencukupi. Pasti nyesel deh
2.     Cari karakter suara yang cocok dengan genre music yang sering anda mainkan
Nah ini juga lumayan krusial yah. Karena earphone yang ada di pasaran itu sangat banyak, maka karakter suara setiap earphone sendiri pun pasti berbeda-beda. Kita ambil contoh anda penyuka lagu metal, yang di playlistnya hanya ada lagu metal, tidak ada genre lainnya. Kemudian anda membeli earphone Be*ts yang notabene suaranya hanya menonjol dibass. Tidak akan cocoklah dengan suara bass Be*ts yang menggelegar, dipadu dengan lagu genre metal karena kalau double pedalnya terlalu menggelegar, pastinya juga kan kurang enak ditelinga beberapa orang.
3.     Cari informasi dulu di forum
Kalau anda benar-benar awam didunia audio, ada baiknya kalau mencari informasi di forum dulu, daripada ditoko. Kenapa? Karena rata-rata toko itu targetnya menjual, bukan mengedukasi. kalau anda tanya tanya di toko, keseringan pasti langsung disodorkan barangnya langsung, dan kadang-kadang tidak bisa dicoba. Ibaratnya tuh seperti beli celana dalam. Nah kalau anda coba cari informasi dulu di forum, biasanya pasti ada orang yang tinggalnya di dekat rumah anda yang berbaik hati memberikan earphonenya untuk dicoba. Bisa nambah ilmu, dana man dari muslihat toko.
4.     Jangan mendengar dari satu sumber
Jangan pernah anda membeli barang dengan modal informasi dari 1 sumber saja. Kalau bisa cari informasi dulu ke sumber-sumber lainnya biar tidak menyesal
5.     Garansi
Wah ini juga penting. Jangan coba-coba beli earphone yang garansinya tidak jelas. Pengalaman saya beli earphone yang garansinya bukan garansi resmi, toko-nya pun tidak mau melayani garansi karena dari awal saya lupa menanyakan garansinya berapa lama. Kalau mau cari earphone bergaransi aman, bisa dicoba jaben, headfoniastore, kantong-kresek, atau keeweeshop.
6.     Spec
Sebenarnya poin ini penting, tapi tidak penting banget sih. Paling paling hanya sekedar melihat frekuensi suara yang dihasilkan, atau impedansi. Meskipun dikotak dituliskan frekuensi yang rendah banget atau tinggi banget, kadang pada kenyataannya, tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Kalau impedansi sih lain cerita, pastinya kita lihat dulu impedansi earphone yang digunakan. Apakah player kita mumpuni buat ngangkat power si earphone atau tidak

Demikian dulu artikel saya kali ini, terimakasih atas perhatiannya. Kalau ada yang mau didiskusikan, bisa langsung komen saja dibawah :D



Mungkin setiap orang saat ini sangat bergantung sekali kepada komputer, keberadaan komputer saat ini bukan lagi merupakan barang mewah, Alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan, termasuk dalam dunia pendidikan.


Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), diharapkan dapat membuat perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk TIK.

Melalui perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. TIK akan memudahkan kita, mendapatkan ide dengan cepat dan bertukar pengalaman dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, wanita pun begitu, sekarang, tidak sedikit negara yang menyerahkan teknologi informasi dan komunikasi kepada wanita, wanita dinilai lebih cekatan dalam mengembagkan bisnis di bidang IT.

Dengan demikian, diharapkan dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan IT secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini dan di masa yang akan datang.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.

TIK pun sekarang digunakan di bidang ekonomi, upaya keras dari pemerintah untuk membangun sarana dan fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi di Indonesia bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan interakasi ekonomi-sosial masyarakat dan sektor produksi. Oleh sebab itu pemerintah berupaya keras untuk memperluas jangkauan layanan telekomunikasi sampai ke seluruh lapisan masyarakat. Instrumen yang digunakan selama ini adalah melalui badan usaha operator telekomunikasi yang melakukan usaha/bisnis layanan telekomunikasi melalui layanan fixed line, seluler, atau satelit. Secara teknis cara ini telah berhasil membuat fasilitas telekomunikasi menjangkau seluruh wilayah geografis Indonesia (dari Sabang sampai Merauke). Namun keterjangkauan teknis-geografis ini tidak membuat sistem telekomunikasi terjangkau bagi masyarakat, yang merupakan sasaran utama.


didalam perkembangan bisnis di dunia it sendiri terdapat jenis dan tipe bisnis Terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa.


1. Produk
•Hardware / Perangkat Keras
•Software / Perangkat Lunak
2. Jasa
•Aplikasi
•e-commerce
•Infrastruktur informasi dan komputer

·       Software
Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak. Biasanya menerima pemesanan software sesuai kebutuhan perusahaan yang membutuhkan.
·       Infrastruktur
Adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
·       e-commerce
Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan professional.


E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif :
1.Komunikasi : pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan computer atau sarana electronic lainnya.
2.Perdagangan : penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi untuk internet atau fasilitas online lainnnya.
3.Proses Bisnis : menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis dengan informas
4.Layanan : cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen.

Pada intinya, perkembangan bisnis teknologi di dunia itu sejauh ini masih menyangkut di penyediaan produk dan jasa, tapi menurut pengamatan saya belakangan ini, yang berkembang sangat pesat itu ada di bidang jasa. bisa dilihat perkembangan Gojek dan Bukalapak. sedangkan dibidang hardware, perkembangannya bisa dilihat di ranah smartphone, meskipun saya sendiri sudah tidak terlalu mengikuti perkembangan smartphone sekarang ini. demikian yang bisa saya share mengenai perkembangan bisnis, Terimakasih






         Pengembangan usaha adalah ” Tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha “ .

Sedangkan untuk usaha yang berskala besar dan mapan , terutama di bidang teknologi industri yang terkait “Pengembangan usaha” istilah yang sering mengacu pada pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain, perusahaan pihak ketiga.

Dalam hal ini perusahaan dapat memanfaatkan satu sama lain keahlian , teknologi atau kekayaan intelektual untuk memperluas kapasitas mereka untuk mengidentifikasi, meneliti, menganalisis dan membawa ke pasar bisnis baru dan produk baru, pengembangan bisnis berfokus pada implementasi dari rencana bisnis strategis melalui ekuitas pembiayaan, akuisisi / divestasi teknologi, produk, dan lain – lain .                        


DEFINISI PENGEMBANGAN USAHA

              Pengembangan Usaha adalah Tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang prtumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha.
Sedangkan untuk usaha yang besar terutama di bidang teknologi industri Pengembangan Usaha adalah istilah yang sering mengacu pada pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain.

Ada beberapa definisi pengembangan usaha menurut para ahli, diantaranya:

  • ·       Mahmud Mach Foedz


Perkembangan usaha adalah perdagangan yg dilakukan oleh sekelompok orang yg terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
  • ·       Brown dan Petrello

Pengembangan Usaha adalah suatu lembaga yg menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan masyarakat.apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.
  • ·       Steinford

Pengembangan Usaha adalah aktifitas yg menyediakan barang atau jasa yg diperlukan oleh konsumen yg memiliki badan usaha, maupun perorangan yg tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti, pedagang kaki lima yg tidak memiliki surat izin tempat usaha.
  • ·       Hughes dan Kapoor

Pengembangan usaha ialah suatu kegiatan usaha individu yg terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang jasa guna mendapatkan keuntungan.
  • ·       Mussleman dan Jackson

Pengembangan usaha  adalah suatu aktifitas yg memenuhi kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan di organisasikan untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.

UNSUR PENGEMBANGAN USAHA
     Adapun unsur – unsur penting dalam mengembangkan usaha ada 2 unsur yaitu :
  • ·       Unsur yang berasal dari dalam ( pihak internal ) :

1. Adanya niat dari si pengusaha  / wirausaha  untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih besar.
2. Mengetahui teknik memproduksi barang seperti berapa banyak barang yang harus diproduksi , cara apa yang harus digunakan untuk  mengembangkan barang / produk , dan lain – lain.
3. Membuat anggaran yang bertujuan seberapa besar pemasukkan dan pengeluaran produk .
  • ·        Unsur dari pihak luar ( Pihak eksternal) :

1. Mengikuti perkembangan informasi dari luar usaha.

2. Mendapatkan dana tidak hanya mengandalakan dari dalam seperti meminjam dari luar.

3. Mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang baik / kondusif untuk usaha .

4. Harga dan kualitas ialah unsur strategi yang paling umum ditemui. 
Strategi ini bisa digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa berkualitas prima dan harga yang sesuai atau menghasilkan barang berbiaya rendah dan menjualnya dengan harga yang murah pula.

5.  Cakupan jajaran produk
 Suatu jajaran produk atau jasa yang bervariasi memuungkinkan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam satu tempat saja. Hal ini juga bisa mendorong perekonomian yang pada gilirannya akan memberi untung pada konsumen. Namun sebaliknya, sebuah jajaran produk yang sedikit memungkinkan Anda untuk menggali potensi produk tersebut dengan lebih dalam, mungkin termasuk banyak alternatif untuk jenis produk yang sama. Variasi produk yang sedikit juga bisa disandingkan dengan keahlian yang seksama.
Sedangkan Kreativitas merupakan salah satu unsur penting yang perlu dijadikan sebagai salah satu karakter dalam mengelola bisnis. Kreativitas akan memberikan banyak kontribusi bagi pengembangan sebuah bisnis usaha. Usaha bisnis sangat perlu dikelola secara kreatif oleh pemiliknya dalam segala aspek,mulai dari ide dan produksi.


 CARA PENGEMBANGAN USAHA

1. Fokus pada satu produk atau jasa, lalu pasarkan, promosikan, jual , lakukan tindakan apapun untuk meningkatkan penjualan. Walaupun ada hasrat untuk melakukan bisnis dengan menjual multi produk atau multi jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar, namun seringkali focus pada satu atau dua produk dan melakukannya dengan sangat baik akan mengurangi risiko dan lebih menguntungkan.

2. Kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa yang sudah ada. Pada saat produk anda terbukti banyak pembelinya, jangan lalai untuk mengambil peluang dari produk yang relevant untuk mendiversifikasi lini produk. Hal ini tidak saja akan memberikan variasi produk, tapi juga akan menarikan bagi pembeli retail yang bertipe suka mengkonsumsi produk yang beragam namun masih satu lini.

3. Carilah Cara untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah pernah mencoba produk anda. Akan lebih murah untuk melakukannya. Walaupun kamu tidak dapat mengembangkan lini produk, kamu dapat meningkatkan pendapatan dengan cara Volume Discount. Contoh : membeli satu dapat dua, kartu discount kunjungan. Teknik ini dapat juga di gunakan pada Home Based Business.

4. Mulailah untuk memperkerjakan seseorang, karyawan partimer, kontraktor independent, pegawai lepasan (freelancer) ataupun keluarga. Hal ini bukan saja akan meringankan casflow dengan cara menyesuaikan biaya dengan level pekerjaan yang ada, namun juga dapat menggunakan tenaga kerja yang berkompeten, yang mungkin kamu tidak sanggup memperkerjakan secara full time.

5. Membuat website untuk mengiklankan perusahaan secara online. Sekarang tidak perlu lagi membuka took untuk menjaring pelanggan retail. Untuk pemasar produk special: buku2 langka dan barang-barang koleksi, Toko online akan membawa kamu untuk memperoleh jutaan pelanggan tanpa membayar sewa, utility dan koleksi-koleksi tak berharga. Pengembangan website sendiri dengan hanya Rp.300.000 per bulan tanpa pengetahuan teknis. Perusahaan yang membantu anda untuk mendaftarkan Domain Anda akan menyediakan Template Online, Hosting Website diserver menyediakan beberapa alamat email.

6. Join dengan pemilik bisnis lain untuk mempromosikan bisnis anda. Berpartner dengan pemilik bisnis yang masih related adalah salah satu tehnik marketing yang termurah dan termudah.

7. Mulai memasarkan ke pasar yang lain. Bila target pelanggan kamu adalah remaja, mulailah arahkan kepada mahasiswa. Kalau target market anda adalah ibu2 pekerja. Strategi yang lain adalah dengan menggunakan produk berorientasi retail dan menjualnya secara wholesale. Contoh, Catering yang menjual makanan ringan misalnya menjual kue-kue kering dan basah, dan dapat menghubungi perusahaan kue local untuk menjual kepadanya secara wholesale. Walaupun harga yang ditetapkan lebih murah, namun akan memperoleh pendapatan yang lebih konsisten.

8. Carilah cara baru dan berbeda untuk memasarkan bisnis anda melalui Email Newsletter atau menjadi pembicara tamu atau pembicara di suatu instansi. Pada dasarnya memasarkan bisnis tidak perlu menggunakan media yang membutuhkan biaya mahal untuk memasang iklan, kita dapat menggunakan Teknologi Informasi yang mulai berkembang diantaranya seperti Blog, informasi melalui Face Book, dan lain-lain.

9. Kembangkan ke lokasi lain. Ini bisa dengan menyewa Virtual office di Pusat Bisnis atau Menyewa bersama pemilik UKM lainnya. Ada peluang untuk mendirikan kantor sementara, ketika anda membutuhkan suatu pengembangan tertentu. Seperti menyewa Temporary Office dll.


10.Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis anda dengan jalan Waralaba atau Peluang Bisnis.


Demikian yang bisa saya share untuk pengembangan usaha, terimakasih


Bagaimana sih cara mencari peluang usaha di bidang IT? belakangan ini bisnis di bidang start up juga sedang naik daun, mulai dari bukalapak, tokopedia hingga gojek. nah yang jadi permasalahannya, bagaimana sih cara mencari peluangnya? ada beberapa cara yang menurut saya bisa di gunakan untuk memulai bisnis di bidang IT. yuk langsung saja

  • 1.     Ketahui apa yang menjadi keinginan costumer

Hal ini pasti menjadi poin utama dalam membuat peluang usaha di bidang manapun. Tidak mungkin kita asal mulai bisnis yang melenceng jauh dari keinginan costumer. lihat saja bukalapak dan tokopedia. kedua marketplace ini dibuat karena waktu itu sedang marak terjadinya kasus penipuan online. Kedua perusahaan ini tau apa yang diperlukan masyarakat waktu itu.

  • 2.     Jadikan hobi-mu di bidang IT sebagai modal usaha


Ada kata-kata yang sering kita dengar yaitu “Pleasure in the job puts perfection into the work”. Kalau kita senang dengan apa yang kita kerjakan, pastinya kita akan enjoy pada bidang yang kita tekuni sekarang

  • 3.     Jangan menyerah


Ini juga salah satu hal yang sering sekali dibicarakan. Ya memang di setiap aspek kehidupan, janganlah sedikit-sedikit menyerah. Lakukan lah yang terbaik. Jkt48 pun berkata begini, “Usaha keras itu tak akan mengkhianati


Demikian dulu yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, semoga bermanfaat



Disini saya akan melakukan review game-game yang sudah di persentasikan oleh semua kelompok di kelas 3IA16 2016



        Collage Life













Pada game ini kelebihannya yaitu jalan ceritanya panjang. Dalam game ini diiringi backsound yang membuat gamenya lebih menarik, walaupun sering kali saya main game menggunakan music player sendiri untuk dengar lagu. Dalam game ini, pemain membuat pilihan alur ceritanya sendiri. Untuk kekurangannya, dari dulu saya tidak suka dengan model game yang cerita jalannya pilih sendiri dan genrenya sendiri bukan tipe genre permainan yang saya suka.



        Bancet Jump















Pada game ini kelebihannya yaitu mudah untuk dimainkan, serta menyenangkan juga. Untuk kekurangan dari game ini yaitu kurang adanya rintangan, tampilannya kurang menarik dan tidak ada level pada game ini

        Go Plane















Untuk game ini kelebihannya tampilannya bagus, lucu dan sangat menantang untuk dimainkan. Kekurangan dari game ini yaitu seperti fallpy bird, game yang dari dulu saya benci karena kesulitan yang tidak wajar.

        Galaxy Adventure












Pada game ini kelebihannya yaitu sangat mudah dimainkan dan juga menyenangkan. Sedangkan kekurangan pada game ini yaitu kurang adanya rintangan serta tidak adanya level pada game ini

        Maze Of Ghost















Pada game ini kelebihannya yaitu mudah untuk dimainkan dan juga seru, tampilan juga sangat menarik dan juga terdapat stage –stage yang membuat kita tidak cepat bosan dalam memainkan game tersebut. Kekurangan dalam game ini yaitu tidak adanya backsound sehingga game ini kurang hidup

        Tartarus












Kelebihan dari game ini yaitu menarik dalam karena terdapat ini  radar untuk mengetahui keberadaan musuh. Game ini sangat seru karena terdapat ranjau sehingga pemain harus berhati-hati. Kekurangan dalam game ini yaitu tidak adanya backsound sehingga game ini kurang hidup.
Mencari Nenek Cecep Yang Hilang
       











Kelebihan dari game initampilan objeknya bagus dan cukup menarik. Kekurangan dari game ini yatu masih mengalami bug dan juga tidak ada backsound.


Game yang disukai : tartarus, galaxy adventure
Game yang kurang disukai : go plane


PENGANTAR TEKNOLOGI GAME

ZOMBIE THE EXPLORER

Jeremia Alex Ander                54413626
Noprian Yosma Mellese          56413493
Risky Danesa                          57413814
Shesia Rizki Damara               58413441
Weldiyono Djapri                   59413240


PROLOG
Tahun 2089 Ilmuwan hydra menemukan formula senjata biologis virus ZM13E dan secara sengaja menyebarkannya di Madagascar. Sampai akhir tahun 2089, belum ada tanda-tanda membahayakan dari virus ini. Tapi pada febuari 2090, virus ini menjangkit kera di hutan Madagascar dan efeknya sangat luar biasa. Kera yang terjangkit itu kejang-kejang lalu mati, tapi 5 menit kemudian dia hidup kembali dan mulai mengejar dan menggigit makhluk hidup yang bergerak didepannya, sampai pada akhirnya seorang turis amerika tergigit dan membawa virus ini kembali ke amerika.

Tahun 2093. Umat manusia sudah hampir kehilangan harapan. Tinggal 3500 orang yang bertahan hidup. Saat itu 5 mei 2093, aku dan kakakku sedang pergi mengambil supply makanan di Detroit town center. Sampai kami bertemu sekumpulan mayat yang terjangkit virus ZM13E. kami berlari sambal menembaki sekumpulan zombie itu, sampai akhirnya kami bertemu Seth. Seth adalah satu-satunya manusia yang bertahan hidup meski sudah tergigit oleh korban lain. Dan pada saat itu juga, kami sadar, umat manusia kembali menemukan harapan untuk hidup.

Karakter Prontagonis :
Kaiba

Umur 27 tahun. Masuk kedalam militer USA pada umur 18 tahun. Spesialisasi senjata api otomatis

Joey

Umur 25 tahun. Adik Kaiba. Tidak memiliki keahlian survival. Seorang jenius yang bisa merakit senjata dari puing-puing

Seth

Asal usul tidak diketahui. Tidak memiliki ingatan apapun mengenai dirinya. Keahlian senjata jarak dekat dan menyembuhkan orang

Karakter Antagonis :

Shooter zombie
Anggota militer yang terjangkit birus ZM13E, tidak bisa berlari dengan cepat, dan tembakannya tidak akurat dan lama

Fighter zombie

Zombie yang sulit di taklukan, gerakannya lebih cepat dan berbahaya dari shooter zombie

Dead walker

Rakyat biasa yang terjangkit. Tidak memiliki keistimewaan khusus, hanya jumlahnya sangat banyak.


STORY LINE
Pada  game ini, developer menggunakan 4 buah map. Dimana didalam setiap map terdapat 3 stage. Di setiap stage ke 3 pada setiap map, player akan dihadapkan dengan boss yang harus dilawan oleh 3 karakter ini. Untuk beralih ke map selanjutnya, player harus menyelesaikan ketiga stage yang tersedia. Jika stage 3 yang terdapat boss belum terselesaikan maka map selanjutnya belum bisa di unlock.

First Map (Detroit)
´  Stage 1
Joey dan kaiba sedang berjalan bersama ke Detroit center untuk mengambil cadangan makanan. Ditengah jalan mereka mutuskan untuk berpisah. Tak lama setelah berpisah, datang segerombolan zombie didepan joey. Joey pun harus melawan zombie zombie itu hingga dia sampai di titik pertemuan dengan kaiba. Ditengah perjalanan joey, joey bertemu seth, dan akhirnya mereka berdua berjalan bersama melawan gerombolan zombie tersebut.

´  Stage 2
Joey dan seth sudah tiba di tempat pertemuan dengan kaiba, tapi kaiba belum sampai. Ternyata kaiba juga dihadang oleh segerombolan zombie. Kaiba harus melawan sendiri zombie zombie tersebut, dan untungnya zombie zombie di stage 2 ini masih belum terlalu ramai, sehingga kaiba seharusnya masih bisa menangani zombie zombie ini.

´  Stage 3
Kaiba, joey dan seth sudah bertemu di titik pertemuan dan melanjutkan perjalanan. Ditengah perjalanan pun mereka masih harus membunuh zombie zombie yang ada dijalan. Sampai di perbatasan Detroit dengan hutan terlarang, muncul mantan peneliti hydra yang ternyata membuat evolusi dari virus zm13e sehingga si peneliti ini masih punya tingkat kesadaran, tidak seperti zombie lainnya. Di stage ini hanya 1 yang akan melawan bossnya, diambil dari default yang dipilih oleh player.

Second Map (Hutan Terlarang)


´  Stage 1
Didalam hutan terlarang ini, intensitas zombienya masih jarang, tapi punya kecepatan yang lebih tinggi dibangingkan zombie di kota Detroit. Di stage ini player diharuskan survive in game selama 3 menit dengan menggunakan 1 karakter saja. Dan 3 menit berikutnya akan digantikan oleh karakter lain

´  Stage 2
Sama seperti stage 1, akan tetapi zombie yang datang mulai bertambah jumlahnya, dan player masih diharuskan survive selama 3 menit in game dengan menggunakan karakter yang berbeda dari karakter di stage pertama

´  Stage 3
Stage terakhir di hutan ini, masih diharuskan survive, tetapi selama 5 menit. Ditambah lagi dengan jumlah zombie yang lebih banyak lagi dan juga ada boss yaitu zombie kong. Zombie kong memiliki darah yang cukup banyak dan tangguh untuk dikalahkan. Dan juga dia bisa memanggil zombie lainnya untuk menyulitkan player

Third Map (Doge Town)

´  Stage 1
Dalam stage 1 ini, player diharuskan membunuh 35 zombie dengan syarat 5 diantara zombie tersebut adalah dead walker. Jika belum ada 5 deadwalker yang terbunuh, maka stage tidak akan selesai.

´  Stage 2
Dalam stage 2 ini tantangannya masih sama, tapi player diharuskan membunuh 50 zombie dengan syarat 10 zombie merupakan shooter zombie. Jika belum ada 10 shooter zombie yang terbunuh, stage tidak akan selesai

´  Stage 3
Dalam stage 3 ini, player hanya diharuskan membunuh bossnya, tanpa ada gangguan dari zombie zombie lain, namun boss ini hanya bisa dikalahkan oleh serangan jarak dekat

Fourth Map (Hydra Hideout)
´  Stage 1
Dalam stage 1, seth harus mengalihkan perhatian selama 3 menit sehingga joey dan kaiba bisa masuk kedalam markas hydra. Tentu saja seth harus mengalahkan berbagai macam zombie, sedangkan joey dan kaiba pasti akan berhasil masuk kedalam markas hydra dalam waktu 3 menit

´  Stage 2
Stage 2 ini, joey harus mencari kunci untuk bisa masuk ke ruangan penelitian hydra. Di stage ini joey akan dihadang oleh berbagai macam zombie dan harus tetap survive dalam waktu 5 menit

´  Stage 3

Pada stage 3 ini yang merupakan Final Stage pada game ini. Player akan dihadapkan pada semua zombie yang sudah pernah dilewati pada stage sebelumnya. Pada stage ini  hanya seth yang akan melawan boss zombie beserta segala anak buahnya.




Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara membuat animasi boneka danbo menggunakan blender, software blender yang saya dunakan yaitu versi 2.76b. langsung saja untuk tahap pertama kita akan membuat bagian kepala dari boneka danbo tersebut dengan menggunakan cube yang kita bentuk seperti pada gambar di bawah ini, caranya yaitu kita terlebih dahulu masuk ke edit mode lalu kita select bagian samping dari objek tersebut lalu kita tarik sehingga memberntuk seperti persegi panjang.

Setelah kita membuat kepada dari boneka danbo, kita akan membuat badan, kaki, dan tangan dari boneka tersebut pada bagian ini kita menggunakan objek cube yang baru untuk mendapatkannya kita terlebih dahulu masuk ke object mode lalu kemudian tekan SHIFT+A pilih MESH lalu pilih cube setelah itu bentuk seperti gambar di bawah ini menggunakan tombol E untuk mengextrude dan menggunakan tombol S untuk menscale.

Setelah itu kita beri segmen pada bagian bawah seperti pada gambar di bawah ini lalu kita hapus pada bagian dalamnya dengan cara menselect bagian dalam lalau tekan X dan pilih face.

Setelah itu kita akan membuat bagian kaki, terlebih dahulu kita beri face dulu seperti pada gambar di bawah ini lalu kita kembali berikan segmen hingga membentuk kotak kecil seperti  yang kita select pada gambar di bawah ini yang kemudian kita extrude dan tarik hingga membentuk sebuah kaki.

Ini adalah gambar kaki yang telah kita buat .

Setelah itu kita aka membuat tangan, kita berikan segmen seperti pada gambar di bawah ini pada bagian yang akan kita buat tangan untuk memberikan segmen kita tekan tombol CTRL+R, lalu pada bagian yang di select kita extrude dengan menekan tombol E kemudian tarik dan sesuaikan panjangnya

Ini tampilan danbo yang sudah jadi

Dan ini hasil rendernya


About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Monggi Diklik

Popular Post

About

Cari Blog Ini