Pengembangan usaha adalah ” Tugas dan
proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan
pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk
keputusan tentang strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha “ .
Sedangkan
untuk usaha yang berskala besar dan mapan , terutama di bidang teknologi
industri yang terkait “Pengembangan usaha” istilah yang sering mengacu pada
pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan aliansi dengan yang lain,
perusahaan pihak ketiga.
Dalam hal
ini perusahaan dapat memanfaatkan satu sama lain keahlian , teknologi atau
kekayaan intelektual untuk memperluas kapasitas mereka untuk mengidentifikasi,
meneliti, menganalisis dan membawa ke pasar bisnis baru dan produk baru,
pengembangan bisnis berfokus pada implementasi dari rencana bisnis strategis
melalui ekuitas pembiayaan, akuisisi / divestasi teknologi, produk, dan lain –
lain .
DEFINISI PENGEMBANGAN USAHA
Pengembangan Usaha adalah Tugas
dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan
dan pemantauan pelaksanaan peluang prtumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk
keputusan strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha.
Sedangkan
untuk usaha yang besar terutama di bidang teknologi industri Pengembangan Usaha
adalah istilah yang sering mengacu pada pengaturan dan mengelola hubungan
strategis dan aliansi dengan yang lain.
Ada
beberapa definisi pengembangan usaha menurut para ahli, diantaranya:
- · Mahmud Mach Foedz
Perkembangan
usaha adalah perdagangan yg dilakukan oleh sekelompok orang yg terorganisasi
untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk
memenuhi kebutuhan konsumen.
- · Brown dan Petrello
Pengembangan
Usaha adalah suatu lembaga yg menghasilkan barang dan jasa yg dibutuhkan
masyarakat.apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnispun akan
meningkat pula perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil
memperoleh laba.
- · Steinford
Pengembangan
Usaha adalah aktifitas yg menyediakan barang atau jasa yg diperlukan oleh
konsumen yg memiliki badan usaha, maupun perorangan yg tidak memiliki badan
hukum maupun badan usaha seperti, pedagang kaki lima yg tidak memiliki surat
izin tempat usaha.
- · Hughes dan Kapoor
Pengembangan
usaha ialah suatu kegiatan usaha individu yg terorganisasi untuk menghasilkan
dan menjual barang jasa guna mendapatkan keuntungan.
- · Mussleman dan Jackson
Pengembangan
usaha adalah suatu aktifitas yg memenuhi
kebutuhan dan keinginan ekonomis masyarakat dan perusahaan di organisasikan
untuk terlibat dalam aktivitas tersebut.
UNSUR PENGEMBANGAN USAHA
Adapun unsur – unsur penting dalam
mengembangkan usaha ada 2 unsur yaitu :
- · Unsur yang berasal dari dalam ( pihak internal ) :
1. Adanya
niat dari si pengusaha / wirausaha untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih
besar.
2.
Mengetahui teknik memproduksi barang seperti berapa banyak barang yang harus
diproduksi , cara apa yang harus digunakan untuk mengembangkan barang / produk , dan lain –
lain.
3.
Membuat anggaran yang bertujuan seberapa besar pemasukkan dan pengeluaran
produk .
- · Unsur dari pihak luar ( Pihak eksternal) :
1.
Mengikuti perkembangan informasi dari luar usaha.
2.
Mendapatkan dana tidak hanya mengandalakan dari dalam seperti meminjam dari
luar.
3.
Mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang baik / kondusif untuk usaha .
4. Harga
dan kualitas ialah unsur strategi yang paling umum ditemui.
Strategi ini bisa
digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa berkualitas prima dan harga yang
sesuai atau menghasilkan barang berbiaya rendah dan menjualnya dengan harga
yang murah pula.
5. Cakupan jajaran produk
Suatu jajaran produk atau jasa yang bervariasi
memuungkinkan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam satu tempat saja.
Hal ini juga bisa mendorong perekonomian yang pada gilirannya akan memberi
untung pada konsumen. Namun sebaliknya, sebuah jajaran produk yang sedikit
memungkinkan Anda untuk menggali potensi produk tersebut dengan lebih dalam,
mungkin termasuk banyak alternatif untuk jenis produk yang sama. Variasi produk
yang sedikit juga bisa disandingkan dengan keahlian yang seksama.
Sedangkan
Kreativitas merupakan salah satu unsur penting yang perlu dijadikan sebagai
salah satu karakter dalam mengelola bisnis. Kreativitas akan memberikan banyak
kontribusi bagi pengembangan sebuah bisnis usaha. Usaha bisnis sangat perlu
dikelola secara kreatif oleh pemiliknya dalam segala aspek,mulai dari ide dan
produksi.
CARA PENGEMBANGAN USAHA
1. Fokus
pada satu produk atau jasa, lalu pasarkan, promosikan, jual , lakukan tindakan
apapun untuk meningkatkan penjualan. Walaupun ada hasrat untuk melakukan bisnis
dengan menjual multi produk atau multi jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar,
namun seringkali focus pada satu atau dua produk dan melakukannya dengan sangat
baik akan mengurangi risiko dan lebih menguntungkan.
2.
Kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa yang sudah ada. Pada
saat produk anda terbukti banyak pembelinya, jangan lalai untuk mengambil
peluang dari produk yang relevant untuk mendiversifikasi lini produk. Hal ini
tidak saja akan memberikan variasi produk, tapi juga akan menarikan bagi
pembeli retail yang bertipe suka mengkonsumsi produk yang beragam namun masih
satu lini.
3.
Carilah Cara untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah pernah
mencoba produk anda. Akan lebih murah untuk melakukannya. Walaupun kamu tidak
dapat mengembangkan lini produk, kamu dapat meningkatkan pendapatan dengan cara
Volume Discount. Contoh : membeli satu dapat dua, kartu discount kunjungan.
Teknik ini dapat juga di gunakan pada Home Based Business.
4.
Mulailah untuk memperkerjakan seseorang, karyawan partimer, kontraktor
independent, pegawai lepasan (freelancer) ataupun keluarga. Hal ini bukan saja
akan meringankan casflow dengan cara menyesuaikan biaya dengan level pekerjaan
yang ada, namun juga dapat menggunakan tenaga kerja yang berkompeten, yang
mungkin kamu tidak sanggup memperkerjakan secara full time.
5.
Membuat website untuk mengiklankan perusahaan secara online. Sekarang tidak
perlu lagi membuka took untuk menjaring pelanggan retail. Untuk pemasar produk
special: buku2 langka dan barang-barang koleksi, Toko online akan membawa kamu
untuk memperoleh jutaan pelanggan tanpa membayar sewa, utility dan
koleksi-koleksi tak berharga. Pengembangan website sendiri dengan hanya
Rp.300.000 per bulan tanpa pengetahuan teknis. Perusahaan yang membantu anda
untuk mendaftarkan Domain Anda akan menyediakan Template Online, Hosting
Website diserver menyediakan beberapa alamat email.
6. Join
dengan pemilik bisnis lain untuk mempromosikan bisnis anda. Berpartner dengan
pemilik bisnis yang masih related adalah salah satu tehnik marketing yang
termurah dan termudah.
7. Mulai
memasarkan ke pasar yang lain. Bila target pelanggan kamu adalah remaja,
mulailah arahkan kepada mahasiswa. Kalau target market anda adalah ibu2
pekerja. Strategi yang lain adalah dengan menggunakan produk berorientasi
retail dan menjualnya secara wholesale. Contoh, Catering yang menjual makanan
ringan misalnya menjual kue-kue kering dan basah, dan dapat menghubungi
perusahaan kue local untuk menjual kepadanya secara wholesale. Walaupun harga
yang ditetapkan lebih murah, namun akan memperoleh pendapatan yang lebih
konsisten.
8. Carilah
cara baru dan berbeda untuk memasarkan bisnis anda melalui Email Newsletter
atau menjadi pembicara tamu atau pembicara di suatu instansi. Pada dasarnya
memasarkan bisnis tidak perlu menggunakan media yang membutuhkan biaya mahal
untuk memasang iklan, kita dapat menggunakan Teknologi Informasi yang mulai
berkembang diantaranya seperti Blog, informasi melalui Face Book, dan
lain-lain.
9.
Kembangkan ke lokasi lain. Ini bisa dengan menyewa Virtual office di Pusat
Bisnis atau Menyewa bersama pemilik UKM lainnya. Ada peluang untuk mendirikan
kantor sementara, ketika anda membutuhkan suatu pengembangan tertentu. Seperti
menyewa Temporary Office dll.
10.Pertimbangkan
untuk mengembangkan bisnis anda dengan jalan Waralaba atau Peluang Bisnis.
Demikian yang bisa saya share untuk pengembangan usaha, terimakasih

0 comments:
Posting Komentar